Penyusunan RKAKL 2019 Dengan Benar, Agar Tidak Ada Revisi

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 28 Juli 2018, Dibaca : 58 Kali

BADUNG - Direktorat Ditjen Kesmas menyelanggarakan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga (RKAKL) pagu anggaran tahun 2019 lingkup Ditjen Kesehatan Masyarakat tingkat nasional di Provinsi Bali, 26-29 JUli 2019, yang di hadiri dari 6 Unit Pusat, 34 Satker Provinsi dan 3 UPT Kesmas.

 

Penyusunan RKA-KL pagu anggaran tahun 2019 di lingkup Ditjen Kesmas tingkat nasional, yang bertujuan mensinergikan kebijakan pembangunan kesehatan masyarakat antara pusat dan daerah dalam hal penyusunan alokasi anggaran kegiatan 2019.

 

Diharapkan dalam penyusunan RKA-KL 2019, terdapat peningkatan kualitas RKA-KL dalam mendukung pelaksanaan anggaran pembangunan kesehatan masyarakat tahun 2019, sel

Selengkapnya

HAN 2018 : Anak Indonesia GENIUS dan Tumbuh Kembang Optimal

Dipublikasikan Pada : Selasa, 24 Juli 2018, Dibaca : 91 Kali

Jakarta (24 Juli 2018) - Bertempat di Ruang Media Biro Komunikasi dan Yanmas, hari ini Direktur Kesehatan Keluarga didampingi Kepala Biro Komunikasi dan Yanmas serta Prof. Soedjatmiko mengadakan Temu Media dalam rangka Hari Anak Nasional 2018. Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini mengangkat tema “Anak Indonesia, Anak GENIUS (Gesit, Empati, beraNI, Unggul, Sehat)” dengan Sub Tema Bidang Kesehatan “Anak Gesit, Empati, beraNI, Unggul, Sehat (GENIUS), Tumbuh Kembang Optimal”.

 

Direktur Kesehatan Keluarga, dr. Eni Gustina menyampaikan rangkaian kegiatan HAN 2018 meliputi publikasi kegiatan melalui media massa, lomba foto, lomba poster, pelaksanaan SDIDTK bagi balita TPA Kemenkes, Bulan peme

Selengkapnya

Kualitas Pekerja Meningkat, Indonesia menjadi negara maju dan kompetitif

Dipublikasikan Pada : Kamis, 19 Juli 2018, Dibaca : 56 Kali

JAKARTA - Melihat komposisi penduduk Indonesia, jumlah penduduk saat ini mencapai 261,89 juta jiwa (BPS, 2018). Dari jumlah tersebut,74%nya adalah usia kerja. Lebih dari setengah (58,22%) bekerja pada sektor informal dan 41,78% di sektor formal. Proyeksi pola kependudukan Indonesia pada tahun 2025 menunjukkan adanya peningkatan di kelompok usia kerja atau bonus demografi. Jumlah usia produktif lebih banyak dari kelompok usia lainnya.

 

Proporsi usia kerja yang terus meningkat merupakan tantangan sekaligus peluang yang harus dikawal agar tercipta angkatan kerja dan pekerja yang sehat dan produktif. Tantangan proporsi pekerja yang besar adalah potensi terjadinya kasus Penyakit Akibat Kerja (P

Selengkapnya

Anak Indonesia, Anak GENIUS

Dipublikasikan Pada : Rabu, 18 Juli 2018, Dibaca : 113 Kali

JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018 yang mengambil tema GENIUS (Gesit Empati Berani Unggul Sehat), Direktorat Kesehatan Keluarga melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan balita di TPA Nilam Sari, Badan Litbangkes pada Selasa (17/7) yang meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan/panjang badan, pemeriksaan perkembangan (motorik halus, motorik kasar, bicara bahasa, kemandirian dan sosialisasi) dan pengisian buku KIA, mengajarkan PHBS (cuci tangan sebelum makan, makan sayur dan buah, gosok gigi yang benar dan mandi). 

 

Selengkapnya

Jaga Kesehatan Saat Berhaji

Dipublikasikan Pada : Selasa, 17 Juli 2018, Dibaca : 47 Kali

SURABAYA - Ibu Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari bersama Bapak Menteri Agama RI melepas jemaah haji kloter 1 embarkasi Surabaya (17/7), tidak lupa berpesan agar jemaah haji menjaga kesehatannya agar selalu sehat dan bugar.

Ini tips sehat saat berhaji :


1. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
2. Makan makanan bergizi seimbang dan teratur
3. Minum air sesering mungkin, tidak menunggu haus
4. Berpikir positif
5. Membawa persediaan obat yang cukup dan meminum sesuai anjuran
6. Selalu membawa dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti sandal, kacamata, masker, payung, botol air dll jika keluar pondokan
7. Tidak merokok
8. Istirahat yang cukup

Selengkapnya

Laporan Keuangan yang baik merupakan Wujud dari Good Governance

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 13 Juli 2018, Dibaca : 67 Kali

BEKASI - Salah satu agenda tahunan Ditjen Kesmas setiap tahunnya adalah menggelar pertemuan Konsolidasi dan Reviu Laporan Keuangan dan BMN Semester I yang diselenggarakan oleh Bagian Keuangan.  Mulai  tanggal 9 hingga 14 Juli 2018. Penyelenggaraan kegiatan hingga lima hari kerja itu agar dicapainya hasil “Nol” Catatan Hasil Reviu (CHR) yang diberikan oleh inspektorat jenderal kepada para pengelola Satker-03 dari seluruh Indonesia.

 

“Berkaitan dengan penyelesaian dokumen hibah BMN didaerah harus menjadi perhatian serta komitmen bersama, kita semua harus bertanggung jawab walaupun BMN itu sudah ada sebelumnya, siapapun pejabatnya” arahan Setditjen Kesmas.

 

Proses yang dilakukan pada acara p

Selengkapnya

Komitmen Tinggi Bupati Kotawaringin Barat

Dipublikasikan Pada : Kamis, 12 Juli 2018, Dibaca : 55 Kali

JAKARTA - Bupati Kotawaringin Barat Ibu Nurhidayah, SH,M.H bersama jajaran Dinas Kesehatan Kab. dan Dinas kesehatan Prov Kalteng mengunjungi Ditjen Kesmas pada Rabu (11/7). 

 

Audiensi di terima langsung oleh Setditjen Kesmas dr. Kuwat Srihudoyo, MS, Kabag PI serta perwakilan direktorat yang ada di lingkungan Kesmas. Beberapa hal yang dibahas antara lain program-program prioitas Kemenkes seperti pelaksanaan kabupaten kota sehat, GERMAS, Kesehatan lingkungan, PIS PK, Kesehatan ibu dan anak.

 

Komitmen Bupati sangat tinggi terhadap pembangunan kesehatan masyarakat Kab Kotawaringin Barat, ini menjadi penggerak utama dalam mewujudkan Kotawaringin Barat sehat. (bgs)

Selengkapnya

Susu Kental Manis Bukan untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 Juli 2018, Dibaca : 72 Kali

JAKARTA - Susu kental manis yang beredar di masyarakat selama ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Pasalnya produk tersebut lebih banyak mengandung gula dan lemak dari pada protein.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek mengatakan bila seseorang mengonsumsi terlalu banyak lemak dapat mengganggu kesehatan.

''Dari Kemenkes jelas kalau gula dikonsumsi terlalu tinggi, garam, lemak terlalu tinggi dikonsumsi itu mengganggu kesehatan kita, apalagi jika mengetahui itu dapat menyebabkan diabetes. Misal ada makanan dengan gula yang tinggi, jangan sering-sering dikonsumsi,'' kata Menkes di Gedung DPR RI, Kamis (5/7).

Selama ini, persepsi masyarakat mengenai susu kental manis

Selengkapnya

Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi: Ayo Cegah Stunting

Dipublikasikan Pada : Selasa, 03 Juli 2018, Dibaca : 103 Kali

JAKARTA - Pemerintah mendorong percepatan penurunan stunting melalui revitalisasi ketahanan pangan gizi dlm rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

 

Selengkapnya

Isi Piringku

Dipublikasikan Pada : Senin, 25 Juni 2018, Dibaca : 215 Kali

JAKARTA - Dulu kita punya slogan 4 Sehat 5 Sempurna, namun dalam perkembangan ilmu gizi tidak cukup tepat untuk mengakomodir perkembangan ilmu yang baru. Kalau hanya bicara 4 Sehat 5 Sempurna tanpa keseimbangan itu tidak cukup.

 

Secara umum, "Isi Piringku" menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.


Kampanye "Isi Piringku" juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari. Dalam perkembangan ilmu gizi yang baru, pedoman "4 Sehat 5 Sempurna" berubah menjadi pedoman gizi seimbang yang terdiri dari 10 pesan tentang menjaga gizi.


Dari 10 pesa

Selengkapnya