Kemenkes Bergerak Cepat Atasi Gizi Buruk dan Campak di Kabupaten Asmat

Dipublikasikan Pada : Senin, 15 Januari 2018, Dibaca : 125 Kali

JAKARTA - Memasuki bulan pertama tahun 2018 Kementerian Kesehatan mendapat laporan adanya kasus Campak (Morbili) dan Gizi Buruk yang dialami sejumlah Balita di Kecamatan Agats, Kabupaten Asmat, Papua.


Kementerian kesehatan menyatakan rasa empati bagi para pasien dan keluarganya yang saat ini masih menjalani perawatan dan pengobatan di RSUD Asmat. Selain itu juga, Kemenkes tetap memantau dan memberikan pendampingan terhadap upaya penanganan masalah tersebut yang sudah berjalan di tingkat Kabupaten dan Provinsi, selaku ujung tombak pelaksanaan pembangunan kesehatan di wilayahnya. Di sisi lain, Kemenkes juga mengapresiasi media massa yang berkenan memberi perhatian besar bagi pembangunan keseh

Selengkapnya

Rakyat Indonesia Semakin Sehat

Dipublikasikan Pada : Rabu, 10 Januari 2018, Dibaca : 139 Kali

Jakarta, 10/01/2018 – Hari ini Menteri Kesehatan RI didampingi oleh para pejabat tinggi eselon I dan II di lingkungan Kementerian Kesehatan melakukan Jumpa Pers. Di awal tahun 2018 ini, Menteri Kesehatan memaparkan Capaian Kinerja Kemenkes 2017 dan Rencana Kerja Kemenkes 2018. “Kemenkes senantiasa berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program yang telah dirancang di tahun 2017, yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pemenuhan SDM Kesehatan, pembangunan dan peningkatan mutu infrastruktur kesehatan, pelayanan kesehatan serta upaya promotif preventif dengan mengajak masyarakat untuk hidup sehat,” ujar Menkes.

 

Terkait dengan anggaran, pada tahun 2017 total alokasi angga

Selengkapnya

Tahun 2018 : Kerja Keras Bidang Kesehatan Masyarakat

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 29 Desember 2017, Dibaca : 158 Kali

JAKARTA - Jum'at (29/12) bertempat di Ruang 702, Dirjen Kesmas menyerahkan DIPA TA 2018 serta Penandatanganan Perjanjian Kinerja 2018 dengan Setditjen Kesmas, Direktur Kesga, Direktur Kesjaor, Direktur Kesling, Direktur Promosi Kesehatan, Direktur Gizi serta Kepala UPT yaitu BKOM Bandung, LKTM Palembang dan BKTM Makassar yang disaksikan oleh seluruh pejabat struktural lingkingan Ditjen Kesmas.

 

Dalam arahannya untuk kegiatan tahun 2018 Ditjen Kesmas berpesan : Penguatan manajemen Perencanaan dan Penganggaran, Penguatan Tata Laksana, melakukan Komunikasi secara aktif dengan pelaksana bidang Kesmas tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten kota.(bgs)

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Pimpin Upacara Peringatan Hari Ibu ke-89 Di Kemenkes

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 22 Desember 2017, Dibaca : 140 Kali

JAKARTA--Puncak Peringatan Hari Ibu ke 89 Tahun 2017 di Kementerian Kesehatan Jakarta dilaksanakan dalam bentuk upacara, yang diselenggarakan di halaman gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta pada Rabu pagi (22/12).

 

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dr.Anung Sugihantono, M.Kes yang diikuti oleh seluruh jajaran pegawai serta anggota Dharma Wanita di Kementerian Kesehatan.

 

Peringatan kali ini mengangkat tema nasional 'Perempuan Berdaya, Indonesia Berjaya'.  Dalam memimpin upacara tersebut, Dirjen Kesmas membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. Dalam amanatnya mengatakan, Peringatan Ha

Selengkapnya

Dirjen Kesmas : Germas Harus Menjadi Sebuah Ideologi

Dipublikasikan Pada : Kamis, 21 Desember 2017, Dibaca : 367 Kali

JAKARTA---Sosialisasi Gerakan  Masyarakat Hidup Sehat akan terus dilakukan secara berekesinambungan seperti penyelenggaraan penggalangan komitmen dari semua lintas sektor dan program untuk mendukung  gerakan Masayarkat Hidup Sehat di gedung Bappenas Jakarta, pada Rabu (21/12). Hal ini sekaligus menjadi aksi nyata dari isntruksi presiden  No.1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

 

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Anung Sugihantono, M.Kes, yang menjadi pembicara kunci dalam acara tersebut menyatakan, bahwa Germas itu pada akhirnya akan ikut dalam mengurangi beban pembiayaan akibat penyakit tidak menular.

 

“Banyaknya penyakit tidak menul

Selengkapnya

Kampung Bersih Kota Lubuklinggau

Dipublikasikan Pada : Senin, 18 Desember 2017, Dibaca : 144 Kali

LUBUKLINGGAU - Pelaksanaan dan implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di berbagai daerah semakin nyata serta menjadi suatu keharusan. Hal ini tentu menjadi bukti komitmen daerah dalam melaksanakan INPRES No. 1 Tahun 2017 tentang GERMAS.

 

Seperti halnya Kota Lubuklinggau di Provinsi Sumatera Selatan, melalui pendekatan lokal serta potensi yang dimilikinya, terdapat Kampung Bersih  yang terletak di kelurahan Perumnas Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Kampung yang awalnya biasa saja, dengan kegigihan ketua Tim PKK Kota Lubuklinggau Ibu Yetty Oktarina Prana bersama kader, tokoh masyarakat, SKPD, Puskesmas serta lintas sektor lainnya merubahnya menjadi kampung yang bersih, sehat, r

Selengkapnya

Masih Belum Berubah, Jumlah Perokok Terbanyak Ada Di Provinsi Kalteng

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 08 Desember 2017, Dibaca : 91 Kali

PALANGKARAYA— Menurut data Kementrian Kesehatan jumlah perokok di Indonesia mencapai 34,7 persen. Perokok yang paling banyak terdapat di Kalimantan Tengah. Riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2010 mengungkapkan pula populasi perokok di Kalteng mencapai 43,2 persen. Tertinggi dibanding provinsi lain di Indonesia. Sementara yang paling rendah di Sulawesi Tengah 28,4%.

 

Sekitar 52,3 persen perokok di Indonesia menghisap 1-10 batang/hari. 41 persen menghisap 11-20 batang/hari. 4,7 % menghisap 21-30 batang/hari. 2,1% yang sanggup menghabiskan 31 batang/hari.

Kondisi ini sepertinya masih belum berubah, terlihat ketika para peserta masing-masing dari Puskesmas Pahadut, Tangkahen, dan Puskesm

Selengkapnya

Berani Memotret Dosen Merokok, Saya Kasih 500 Ribu

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 08 Desember 2017, Dibaca : 112 Kali

PALANGKARAYA—Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat,  dr.Anung Suhihantono, M.Kes, dihadapan dosen dan 500 lebih mahasiswa Poltekes Kemenkes, Provinsi Kalimatan Tengah, menjanjikan 500 ribu kepada mahasiswa yang berani memotret dosen yang merokok di lingkungan kampus.

 

“Serius. Saya akan berikan 500 ribu kepada mahasiswa yang berani memotret dan  mengirimkan gambarnya ke pusat, dosen kalian yang merokok di lingkungan kampus”, ujar Dirjen Anung yang disambut gemuruh tepuk tangan para mahasiswa.

 

Hal ini disampaikannya berulang-ulang ketika Dirjen Anung berkesempatan memberikan kuliah umum di kampus Poltekes Kementerian Kesehatan, Provinsi Kalimantan Tengah. Judul materi yang disampiakan a

Selengkapnya

Kabupaten dan Kota Sehat Wujud Gerakan Masyarakt Hidup Sehat

Dipublikasikan Pada : Rabu, 29 November 2017, Dibaca : 130 Kali

JAKARTA - Kabupaten/kota sehat adalah  suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

 

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat di Kabupaten dan Kota yang menerima penghargaan Swastisaba. Piagam penghargaan diserahkan Menkes kepada 122 Bupati dan Walikota serta 5 Provinsi sebagai Pembina terbaik yaitu Jawa Barat, Yogyakarta dan Sulawesi Selatan.

 

“Saya mengapresiasi kepada Kabupaten/Kota yang telah berupaya semaksimal mungkin melakukan proses upaya perbaikan dari

Selengkapnya

Kantin Sehat Mendukung Kinerja Hebat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 28 November 2017, Dibaca : 155 Kali

JAKARTA - Direktur Jenderal kesehatan Masyarakat membuka Workshop Kantin Sehat yang diikuti seluruh pengelola Kantin dari kementerian dan Lembaga yang berada di Jakarta.

 

Kementerian Kesehatan menjadi pionir bagaimana pengelolaan kantin yang sehat agar makanan yang tersaji tetap sehat, segar dan bersih serta aman.

 

 

 

 

 

Selengkapnya